Definisi Ibadah Dalam Islam

Pengertian Ibadah >> Ibadah secara bahasa (etimologi) berartu nerebdahkan diri serta tunduk . Sedangkan menurut syara' (terminologi), ibadah mempunyai banyak definisi, tetapi makna dan maksudnya satu. Definisi Ibadah itu diantara lain adalah :
pengertian dan definisi ibadah menurut islam
Definisi Ibadah

  • Ibadah adalah taat kepada Allah dengan melaksanakan perintah-Nya melalu lisan para Rasul-Nya.
  • Ibadah adalah merendahkan diri kepada Allah Azza wa Jalla, yaitu tingkatan tunduk yang paling tinggi disertai dengan rasa mahabbah (kecintaan) yang paling tinggi.
  • Ibadah adalah sebutan yang mencakup seluruh apa yang dicintai dan diridhai Allah Azza wa Jalla, baik berupa ucapan atau perbuatan, yang zhahir maupun yang bathin. Yang ketiga ini adalah definisi yang paling lengkap.
Ibadah terbagi menjadi ibadah terbagi menjadi beberapa yakni, ibadah, hati, lisan, dan anggota badan. Rasa khauf (takut), raha'(mengharap), mahabbah (cinta), tawakkal (ketergantungan), raghbah (senang), dan rahbah (takut) dalah ibadah Qalbiyah (yang berkaitan dengan hati). Sedangkan tasbih, tahlil,takbir, tahmid, dan syukur dengan lisan dan hati adalah ibadah Lisaniyah qalbiyah (Lisan dan Hati). Sedangkan shalat, zakat, haji, dan jihad adalah ibadah badaniyah qalbiyah (fisik dan hati). Serta masih banyak lagi macam-macam ibadah yang berkaitan dengan amalan hati, lisan dan badan.

Populer Post :
Inilah Type Wanita Yang Tidak Boleh Dinikahi Menurut Imam Al-Ghazali
Tidurlah Yang Menyebabkan Miskin dan Tidur pula Yang Menyebabkan Kaya

Ibadah inilah yang menjadi tujuan penciptaan manusia. Allah Berfirman :

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku . Aku tidak menghendaki tizki sedikitpun  dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi makan kepada-Ku. Sesungguhnya Allah Dia-Lah Maha Pemberi Rizki yang mempunyai kekuatan lagi sangat kokoh." [Adz-Dzaariyaat:56-58].

Baca Juga :
Beribadah Sepanjang Hidup Itu Mudah "Ibadah Itu Asyik"
Manusia Yang Hidupnya Diabadikan Dalam Al-qur'an
Apakah Takdir dan Nasib Itu Sama ?
Memahami Arti Kehidupan, Manusia Diciptakan

Allah memberitahukan bahwa hikmah penciptaan jin dan manusia adalah agar mereka melaksanakan ibadah hanya kepada Allah. Dan Allah Maha kaa, tidak membutuhkan ibadah mereka, akan tetapi merekalah yang membutuhkan-Nya, karena ketergantungan mereka kepada Allah, maka barangsiapa yang menolak beribadah kepada Allah, ia adalah orang sombong, Siapa yang beribadah kepada-Nya tetapi dengan selain apa yang di syariatkan-Nya, maka ialah orang mubtadi (pelaku bid'ah). dan barang siapa yang beribadah kepada-Nya hanya dengan apa yang disyari'atkan-Nya, maka ia adalah mukmin muwahhid (yang mengesakan Allah).

Itulah sedikit Penjelaslan Mengenai Pengertian, Definisi Ibadah Menurut Islam. Jika ada kesalahan dalam penjelasan mohon beritahu kami di kolom komentar.

Kara Kunci Untuk Artikel Ini : Definisi ibadah menurut islam, pengertian ibadah dalam islam, ibadah menurut islam, apa itu ibadah, macam - macam ibadah dalam islam pengertian ibadah.

Kolom Komentar

Lebih baru Lebih lama