kisah mbah sholeh sungguh unik. Dari kisah masyarakat ampel, mbah sholeh meninggal sebanyak 9 kali.

Misteri 9 Makam Mbah Sholeh, Murid Sunan Ampel

Masjid Agung Sunan Ampel di Surabaya memiliki sejumlah cerita unik
Salah satunya,kisah sembilan makam yang terletak di pelataran timur masjid tersebut. Sembilan makam itu berjajar. Dikelilingi pagar besi. Selain ke makam Sunan Ampel, ke deretan makam itulah orang-orang yang datang ke masjid agung ini berziarah. Kuburan itu merupakan makam Mbah Sholeh. Salah satu murid Sunan Ampel. 

Sosoknya menjadi salah satu kisah unik Masjid Agung Sunan Ampel. 
Kisah itu dituturkan secara turun-temurundi oleh masyarakat setempat, hingga kini. Mbah Sholeh dikisahkan sebagai santri yang rajin. Tak hanya menimba ilmu. Dia juga rajin menjaga kebersihan masjid. Tiada hari tanpa menyapu. Sehingga Masjid Sunan Ampel selalu terlihat bersih. Banyak orang memuji Mbah Sholeh. Termasuk Sunan Ampel.

Mbah Sholeh mengabdi sampai nafas terakhir. Jasadnya dimakamkan di sebelah timur masjid itu. Namun, sepeninggal Mbah Sholeh, tak ada santri yang bisa menggantikan perannya. Masjid Ampel pun menjadi kotor. Melihat kondisi masjid yang kotor, Sunan Ampel teringat dengan Mbah Sholeh. Sang pengasuh pondok ini bergumam, masjid itu tidak akan kotor jika Mbah Sholeh masih ada.

Dari sinilah kisah unik dimulai. Setelah gumaman Sunan Ampel itu, muncullah sosok menyerupai Mbah Sholeh, tengah membersihkan masjid. Sama persis dengan kebiasaan yang dilakukan oleh Mbah Sholeh, yang sebelumnya meninggal. Seiring waktu, sosok itu meninggal. Lantas muncul lagi sosok menyerupai Mbah Sholeh, kemudian meninggal lagi. Demikian terus berulang sebanyak sembilan kali. 
Jasad-jasad itu dimakamkan di sebelah makam Mbah Sholeh, hingga berjajar sembilan makam. Sosok menyerupai Mbah Sholeh itu tak lagi muncul setelah Sunan Ampel wafat.

Ada pula keyakinan yang menganggap sosok-sosok itu bukanlah Mbah Sholeh yang sudah meninggal. Melainkan sosok entah dari mana yang melakukan kebiasaan sebagaimana dilakukan oleh Mbah Sholeh.

Sapapun itu, yang jelas kisah Mbah Sholeh dan sembilan kuburan itu masih langgeng hingga kini. Bahkan, banyak orang yang datang ke Masjid Agung Sunan Ampel yang berziarah ke sembilan makam itu.

Sumber : http://www.dream.co.id/


Kolom Komentar

Lebih baru Lebih lama