Assalaamualaikum WR. WB. Selamat malam/ selamat siang/ selamat pagi. Salam sejahtera bagi sahabat-sahabat yang selalu setia berkunjung ke web lampu-islam.ga, blog sederhana yang insyaAllah ikhlas menshare artikel-artikel islami yang bermanfaat bagi sahabat-sahabat semuanya. Oke pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan sedikit mengulas Hubungan Akhlak dengan Adab. Yang mana keduanya saling sinkronisasi untuk mengaplikasikan atau menerapkan didalam kehidupan sehari-hari. Oke to the point saja kita langsung ke isinya :)


Hubungan Akhlak dengan Adab
www.altundo.com


Hubungan Akhlak dengan Adab

  1. Adab berarti tata cara, tata tertib atau aturan; sedangkan akhlak berarti budi pekerti, moral, tabiat atau perangai
  2. Adab membicarakan tata tertib atau tata cara yang sudah diatur sedemikian rupa; sedangkan akhlak membicarakan perilaku yang muncul dari sifat/jiwa, bisa berupa perangai yang baik maupun yang buruk.
  3. Adab Islamiyah berarti tata cara atau tata tertib menurut ajaran Islam, dan begitu seharusnya setiap muslim mengikuti dan menaatinya; sedangkan akhlak Islamiyah berati akhlak atau moral menurut ajaran islam.

Kesimpulannya

  • Jika kata adab dan akhlak masih berdiri sendiri, maka pada keduanya tampak jelas perbedaanya.
  • Jika kata adab dan akhlak sudah dipadukan dengan kata "islami", maka arti keduanya hampir saja sama dan sulit untuk dibedakan, karena baik adab islami maupun akhlak islami berisi ajaran berperilaku yang baik menurut Islam atau menjauhi perilaku yang bertentangan dengan roh dan ajaran Islam.

Dikutip dari: Buku Akhlak dan Adab Islam - Choiruddin Hadhiri SP.


Itulah postingan kami kali ini, semoga bermanfaat buat sahabat-sahabat sekalian. Jika ada pertanyaan, atau kesalahan pada artikel ini, dimohon untuk berkomentar karena kita diwajibkan untuk saling mengingatkan. Terimakasih :)


Kolom Komentar

Lebih baru Lebih lama